Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Online Via Email


Semakin berkembangnya teknologi, semakin mudah kita untuk melakukan suatu pekerjaan, salah satunya adalah mengirim surat lamaran pekerjaan. Sekarang mengirim surat lamaran pekerjaan sudah tidak perlu lagi ribet dan memakan biaya dengan membuat surat lamaran dalam bentuk hard copy dan dikirim menggunakan jasa ekspedisi. Beberapa perusahaan sudah menerapkan sistem online seperti via email atau portal online.
Dalam artikel ini, saya akan membahas tentang cara mengirim surat lamaran pekerjaan online via email.

Berikut contoh cara mengirim surat lamaran kerja online via email :

A. Persiapkan dan Scan semua berkas – berkas yang akan dilampirkan.

Sebelum agan mengirim surat lamaran via email pastikan sobat sudah menyiapkan dan menscan semua berkas yang dibutuhkan. Pastikan semua berkas dikumpulkan dalam satu file, untuk memudahkan jika nantinya agan-agan akan menggunakan soft copy dokumen tersebut.

Berkas – berkas yang dilampirkan dalam surat lamaran kerja via email kurang lebih seperti berikut :
1. KTP
2. Foto terbaru
3. Ijazah, SKHUN & Transkrip Nilai
4. Kartu Keluarga & Akta Kelahiran
5. SKCK, Kartu Kunig, & NPWP
6. Surat Pengalaman Kerja (paklaring)
7. Sertifikat dan Piagam (bila ada)
8. Dokumen pendukung lainnya

B. Buat Surat Lamaran Pekerjaan (optional) dan Daftar Riwayat Hidup, serta lampirkan berkas – berkas yang sudah discan sebelumnya dalam Microsoft Word.




C. Convert atau ubah file Microsoft Word yang telah Anda buat ke dalam PDF. 





Usahakan ukuran file pdf agan tidak lebih dari 500 kb, idealnya 300 – 400 kb. Apabila file pdf agan terlalu besar agan bisa memperkecilnya di https://smallpdf.com/id/mengompres-pdf

D. Setelah File lampiran siap, buka email agan.
Berikut contoh cara mengirim surat lamaran kerja online via email yang baik dan benar :


1. Buka Gmail >> klik TULIS


2. Isi kolom kepada dengan alamat email yang dituju. Apabila sobat ingin mengirim email ke beberapa perusahaan, klik Bcc dan tulis alamat email perusahaan2 lain yang agan tuju.

Dengan Bcc nantinya setiap penerima email tidak akan mengetahui bahwa email sobat dikirim ke beberapa tujuan. Jangan lupa untuk mengisi kolom Subject, kolom Subject bisa diisi seperti pada gambar atau sesuai ketentuan yang diminta perusahaan.


3. Tulis surat lamaran agan di badan email kemudian klik icon lampiran untuk menambahkan file lampiran agan yang sudah dipersiapkan sebelumnya.



4. Tunggu sampai file lampiran selesai diupload, kemudian klik KIRIM.


Sekarang sobat tinggal menunggu panggilan untuk tes dan interview dari perusahaan yang telah sobat kirimi surat lamaran pekerjaan via email tersebut. Jangan lupa selalu berdoa supaya dilancarkan semua usahanya. hehe
Nah, gampang kan ?


Previous
Next Post »