Cara Menghubungkan 000webhost Dengan Domain Freenom


cara menghubungkan 000webhost dengan domain gratis freenom - Siapa yang tidak kenal dengan freenom, bagi kalangan blogger, ini cukup terkenal, Freenom adalah sebuah website penyedia nama domain TLD gratisan terbaik. Tidak hanya satu ekstensi, melainkan lima ekstensi yang diberikan, yakni, (.tk), (.ml), (.ga), (.cf), dan (.gq). Dan kelima domain tersebut dibagikan secara gratis dalam waktu satu tahun. Dan itu dihitung mulai mendaftarkan nama domain tersebut.
Dan domain freenom bukan hanya bisa di pakai lewat platform blogspot, tetapi bisa untuk berbagai macam hosting, dan salah satunya 000webhost. 000webhost adalah penyedia hosting gratis yang sangat bagus bagi pemula yang ingin belajar hosting. Dan 000webhost juga sering dipakai untuk membuat website phising. Termasuk saya, saya membuat jasa pembuatan web phising melalui hosting 000webhost, karena selain gratis, 000webhost memiliki fitur sendmail, tahan dengan script phising, dan anti suspend. Meskipun banyak kelebihan, tetap ada kekurangannya, yaitu link yang sangat panjang.


Dan untuk mengganti domain 000webhost dengan domain gratisan freenom, silahkan ikuti tutorial berikut. 

#1. Mendaftarkan Nama Domain di Freenom dan 000webhost

Dan sebelum menghubungkannya, kita harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu.
sebelum mendaftarkan nama domain, sobat harus memilih nama domain yang sudah dipikirkan secara matang, tetapi tetap dengan berakhiran (.tk), (.ml), (.ga), (.cf), dan (.gq).

misal, saya mau mengganti bangtutorial.000webhostapp.com menjadi bangtutorial.tk,


#1 Buka 000webhost, login dan masuk ke dashboard 000webhost, lalu klik tetapkan web address

#2. Setelah itu, buka di tab baru freenom.com dan masukan link yang sobat mau, tanpa ekstensi. Misal saya mau bangtutorial.tk maka saya tuliskan saja bangtutorial.


#3. Klik cek ketersediaan, lalu akan muncul nama domain yang masih tersedia. Pilih yang sobat mau, kalo saya pilih bangtutorial.tk. Setelah itu, klik pemeriksaan.


#4. akan muncul halaman baru, pilih domain gratis 12 bulan. 


#5. Setelah itu, sobat akan disuruh daftar atau login. Jika sudah punya akun login, kalo belum punya daftar saja. Kali ini saya sudah punya akun jadi tinggal login saja.


#6. Sesudah login atau mendaftar, jangan lupa check list terms & conditionnya, setelah itu klik complete order. Akan muncul halaman order number, silahkan klik go to client area.


#7. Masuk ke tab 000webhost yang tadi, di laman tetapkan web address, klik use own domain. Atau gambarnya kira2 seperti ini. 


#8. Setelah klik use own domain, masukan link yang sobat masukan di freenom tadi, contoh saya masukan bangtutorial.tk 




#2 Menghubungkan 000webhost Dengan Domain Freenom

Tadi sobat sudah mendaftarkan nama domainnya, sekarang sobat tinggal menghubungkannya saja dari 000webhost menuju freenom. Ikuti langkah langkahnya.


#1 Sesudah park domain, saatnya menyambungkan 000webhost dengan domain freenom, untuk itu, kembali ke tab freenom lagi, masuk ke client area, lalu cari my domain.


#2 Cari nama domain yang didaftarkan tadi, lalu klik manage domain.


#3 akan masuk ke halaman baru, cari dan klik manage freenom DNS


#4 Setelah itu, masukan data data ini di add record.
Bagian 1 = www              (CNAME )
Bagian 2 = CNAME         (CNAME )
Bagian 3 = 14440             (CNAME )
Bagian 4 = Link 000webhost sobat  (CNAME )
Klik save record, nanti hasilnya akan seperti saya, seperti ini.


#5 Setelah mengatur DNS nya, sobat harus mengganti Nameservernya, caranya, setelah mengatur dns, klik back, lalu klik managemen tools, dan klik nameserver.


#6 Silahkan klik use Custom nameserver, Lalu hapus semua nameserver yang ada, dan masukan nameserver ini ke dalam box nameserver yang pertama dan kedua

Nameserver

ns01.000webhost.com
ns02.000webhost.com
Kosong
Kosong
Kosong

Atau contohnya seperti punya saya seperti ini. Setelah di setting Nameservernya, klik change nameserver.

#7 Setelah sobat mengatur nameserver, kembali ke tab 000webhost tadi di halaman set web address. Cari nama domain yang didaftarkan tadi, dan klik check nameserver.


#8 Setelah klik check nameserver, refresh halaman tersebut dan nanti jadinya akan seperti ini.


#9 Langkah terakhir, hubungkan domain dengan cara, klik kelola atau manage lalu klik link website atau hubungkan website.


Pilih website mana yang ingin dihubungkan, dan pastinya, sesuai dengan yang diatur DNS nya.


Dan proses memghubungkan domain telah selesai. Setelah itu, sobat bisa memakai nama domain yang telah aktif tersebut. Mau memakai www atau tidak, bisa dipakai.

Demikian tutorial singkat cara mengganti atau menghubungkan hosting 000webhost dengan domain gratisan freenom, semoga dapat membantu sobat sobat semuanya. Jika ada kendala atau masalah apapun jangan segan untuk berkomentar di bawah postingan blog ini. Dan jangan lupa share artikel ini karena artikel ini sangat membantu untuk semua orang :)

Sumber : www.bangtutorial.xyz


Previous
Next Post »